Honda CB 1300 Akhirnya Dirilis, Kapan Masuk ke Indonesia?
|Berita otomotif- Honda memang tak henti-hentinya merilis produk otomotif yang sangat dinanti-nantikan oleh para pecinta kendaraan roda dua khusunya di Indonesia. Baru-baru ini, Honda melansir Honda CB1300 Super Bol d’Or SP dan CB1300 Super Four edisi khusus untuk pasar Jepang.
Peluncuran ini untuk menandai peringatan CB1300 yang menginjak 30 tahun. CB1300 Super Bol d’Or SP dan CB1300 Super Four hanya dibuat terbatas 720 unit. Kedua model ini hadir dalam trim unik untuk memberi penghormatan kepada Project Big-1 tahun 1992. CB-Series sendiri merupakan salah satu model terlama dan terlaris Honda.
Meskipun demikian, CB-Series sudah ada selama lebih dari 50 tahun dan telah mengalami berbagai perubahan, mulai dari desain dan konfigurasi serta kubikasi mesin. Secara kasat mata CB1300 edisi Ulang Tahun ke-30 dapat dibedakan dari model dasarnya dengan aksen emas pada bodywork dan emblem khusus ulang tahun yang ditanam di tangki bahan bakar.
Motor Honda CB 1300
Motor CB 1300 ini dilengkapi dengan pelek bercat emas khusus, suspensi Ohlins, dan rem kaliper ganda Brembo 4-piston yang dipasang secara radial di bagian depan. Fitur penting lainnya termasuk lampu LED penuh, handle grip berpemanas, pengisi daya UBS, sistem pendingin cair, dan injeksi bahan bakar elektronik.
Motor seri ini tentunya merupakan salah satu motor legendaris dari Honda yang baru saja mendapatkan update perubahan terutama pada sektor elektronik yang kini semakin canggih dan modern. Meskipun motornya sendiri baru akan diperkenalkan ke publik namun fitur dan spesifikasi lengkapnya sudah dirilis.
Baik Honda CB1300 Super Four maupun Honda CB1300 SP 2021 telah dikembangkan untuk memaksimalkan kenikmatan berkendara dengan model knalpot besar. Selain itu juga telah mengadopsi Throttle by Wire System (TBW) yang memungkinkan kontrol throttle valve yang lebih presisi. Hal ini juga membuat Honda CB1300 series terbaru memiliki 3 riding mode yakni SPORT, STANDARD, dan RAIN yang dapat disesuaikan dengan situasi berkendara dan preferensi pengendar.
Dengan mengadopsi riding mode yang dapat dipilih dan penyematan Honda Selectable Torque Control (HSTC) memberikan kontribusi untuk memaksimalkan kenikmatan bermanuver bagi pengendara. Selain itu dengan mengatur kecepatan konstan saat melakukan perjalanan jarak jauh, pengendara tidak perlu untuk menjaga throttle.
Selain itu, Honda CB1300 2021 juga sudah dilengkapi dengan emergency stop signal untuk memperingatkan pengendara di belakang dengan lampu hazard otomatis saat melakukan pengereman mendadak. Untuk aksesoris resmi, Honda juga sudah menyiapkan beberapa aksesoris menarik.