Ban Kedaluwarsa? Hoax atau Fakta?

Ketika ingin selamat dijalan adalah memilih ban yang tepat bagi setiap pengendara. Dimulai dari jenis ban dan ukuran ban yang menjadi faktor paling penting. Namun adakah ban yang kedaluwarsa?

Bambang Hermanu, Manager Training PT Sumi Rubber, mengatakan tidak ada ban yang mengalami kedaluwarsa. Meskipun demikian, ban yang sudah lama disimpan dapat mengurangi nilai fungsinya.

“Kira-kira ada ga ban kedaluwarsa? Kalau kita buka KBBI, kedaluwarsa itu hanya ada mencakup dalam 2 hal yaitu Makanan dan obat-obatan selebihnya tidak ada kedaluwarsa, seperti baju, sepatu atau ban ya tidak ada,” ucap Bambang, Jawa Barat.

BACA JUGA :

Tingkat Kematian Corona Mencapai 2.465 Jiwa

“Tapi kualitas ban lama disimpan menurun atau tidak? Ya menurun,” tambah kata Bambang.

Bambang juga menjelaskan kualitas ban yang menurun karena disebabkan beberapa hal.

“Kualitas ban menurun karena adanya faktor cuaca, daya tahan karetnya menurun kalau disimpan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, didalam ban anti aging berbentuk lilin dan bahan ini akan dicampurkan dalam karet,” kata Bambang.

Lalu gimana dengan ban cadangan?

BACA JUGA :

XPANDER FACELIFT 2020 RESMI MELUNCUR

“Ban serap itu brp thun? Ini tergantung¬† bagaimana caranya disimpan didalam bagasi, kalau didalam bagasi aman selama 10 tahun, ya tidak masalah. Tapi ban cadangan berada dibawah itu sudah terkena air hujan/matahari atau berada diluar kaya mobil, hanya 5 sampai 6 tahun ini akan menurun, ujar dirinya.

 

Selain itu juga, admin beritaotomotif.id yang menyajikan beberapa sajian berita-berita yang lain. Berisi konten Otomotif keluaran terbaru dan beredarnya virus corona yang meningkatkan tingkat kematian yang sudah mencapai 2.465 jiwa.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry