Inilah Penyebab Pinggiran Cakram Mobil Haus Tak Merata

Berita Otomotif- Salah satu komponen dari mobil yang terpenting adalah disk braker atau cakram pada mobil itu sendiri. Namun demikian hal ini pula lah yang kerap kali mengalami masalah jika tidak dirawat atau diperiksa secara teratur.

Adapun piringan cakram atau disc brake pada mobil merupakan komponen utama pada sistem pengereman. Hampir semua mobil dibekali rem model ini untuk roda depan karena ketangguhannya dalam memperlambat laju kendaraan.

Meski memiliki performa yang lebih unggul dari tromol, rem cakram juga memiliki penyakit umum yang sering timbul. Salah satunya adalah keausan yang tidak merata pada permukaan cakram sehingga menyebabkan pedal rem bergetar saat diinjak. Bukan kebetulan atau terjadi secara alami, permukaan cakram yang aus tak merata bisa disebabkan beberapa hal yang sebenarnya bisa dihindari pemilik mobil.

Pentebab Disc Braker Haus Tak Merata

Adapun masalah keausan yang tidak merata pada permukaan disc brake bisa dihindari agar gejala pedal rem tidak bergetar saat ditekan meski pemakaian sudah cukup lama. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan keausan permukaan disc brake tidak merata, bila ini dihindari maka sistem rem mobil akan menjadi lebih awet, khususnya bagian cakramnya.

Yang perlu dilakukan oleh pengguna mobil adalah dengan memperhatikan kondisi kampas rem apakah sudah tipis atau belum. Kampas rem yang menipis dan dipaksakan tetap dipakai berpotensi membuat permukaan cakram aus tak merata. Begitu kampas rem tipis atau menyentuh batasnya, sekitar 2mm, saat itu sebaiknya dilakukan pergantian.

Selain itu, pemilihan kampas rem yang tidak tepat bisa membuat permukaan cakram aus tidak merata. Pemakaian kampas rem yang kurang tepat, seperti bahan kampas rem yang lebih keras dari standarnya akan membuat permukaan cakram aus tidak merata, sebaiknya pilih kampas rem yang berbahan empuk atau yang genuine.

Selanjutnya sistem rem yang mengalami penurunan performa juga bisa mengalami cakram yang aus tidak merata. Pada sistem rem model cakram, ada pin kaliper yang berfungsi sebagai sliding ketika rem bekerja, pin ini bila kurang pelumasan akan mengalami macet, sehingga penekanan kampas rem tidak merata, sehingga diperlukan servis secara rutin.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry