Modul ABS Yamaha NMAX Rentan Rusak Akibat Kebiasaan Sepele
|Berita Otomotif- Modul Anti-lock Braking System (ABS) pada Yamaha NMAX memang menjadi kunci keselamatan saat pengereman, namun kerap kali menjadi penyebab utama biaya perbaikan yang cukup besar. Menurut praktisi bengkel spesialis skutik Yamaha, kerusakan pada modul ABS biasanya bermula dari masalah sederhana seperti rembesan oli rem pada master rem.
Selanjutnya model NMAX dengan ABS‑Channel lebih rawan bermasalah dibanding versi 1‑Channel. Hal ini disebabkan sistem ABS 2‑Channel bekerja lebih berat karena tekanan minyak rem harus menekan dua seal sekaligus, membuat potensi kebocoran lebih tinggi.
Akibatnya, rembesan minyak dapat merembes ke modul ABS dan menyebabkan kerusakan serius. Kondisi ini juga ditemukan pada skutik lain seperti Aerox, New NMAX, dan R25, meski Aerox cenderung lebih jarang mengalami kerusakan karena hanya menggunakan sistem ABS‑Channel.
Modul ABS NMAX
Pemilik motor NMAX, harga penggantian satu set modul ABS baru resmi bisa mencapai sekitar Rp 4,5–4,6 juta. Namun, bengkel spesialis menawarkan opsi servis dengan biaya lebih terjangkau—sekitar Rp 185 ribu ditambah biaya spare part antara Rp 225 ribu hingga Rp 1,2 juta tergantung tingkat kerusakan.
Selanjutnya, pada bagian solenoid atau dinamo pada modul ABS. Perawatan mencegah kerusakan modul ABS sebenarnya cukup sederhana: rutin membersihkan lelehan minyak di master rem dan melakukan pengecekan berkala, termasuk membuka dan membersihkan dinamo modul ABS.
Kemudian dianjurkan perawatan ini dilakukan setiap 10.000 km atau setahun sekali. ementara itu, kondisi minyak rem yang tidak diganti secara berkala dapat menyebabkan korosi. Dustin, pemilik bengkel di Jakarta Barat, menjelaskan bahwa minyak rem yang sudah mengandung air akan menimbulkan karat pada modul ABS.
Apalagi jika motor sering dibawa dalam kondisi banjir atau terkena cipratan air—maka modul bisa rusak total. Ia pun menyarankan penggantian minyak rem setiap 10.000 km atau dua kali dalam setahun sebagai langkah pencegahan. Tak hanya itu, terdapat kasus ekstrem di mana modul ABS bahkan bisa terbakar.
Sebuah video viral memperlihatkan NMAX mengeluarkan asap putih tebal diduga akibat korsleting modul ABS. Hal ini terjadi karena kerusakan yang dibiarkan terlalu lama dan lampu indikator ABS diabaikan oleh pemilik motor. Teknisi bengkel Menyebutkan bahwa pengurasan minyak rem total setiap 12.000 km.
Merawat sistem rem dan modul ABS NMAX tidak melulu soal teknik tinggi, melainkan disiplin dalam perawatan sederhana—seperti mengganti minyak rem dan membersihkan komponen. Upaya preventif ini dapat menghemat biaya hingga jutaan rupiah dan meningkatkan keselamatan berkendara.