Simpan Ban Mobil Agar Awet

beritaotomotif.id — Kembali dibahas tentang Ban, jadi kali ini akan dibahas tentang menyimpan ban mobil agar awet dan tidak mudah rusak. Jika untuk pembaca beritaotomotif yang ingin menyimpan ban, diingatkan untuk jangan asal disimpan. Karena untuk menyimpan ban di gudang itu tidak dengan sembarangan. Waktu kita menyimpan ban dengan sembarangan, kemungkinan besar itu bisa merusak fungsi ban itu tersendiri.

Seperti yang dikatakan Bambang Hermanu, Manager Training PT Sumi Rubber atau Agen Pemegang Merk Dunlop Indonesia-Red.

“Ada cara-cara yang benar untuk menyimpan ban itu sendiri. Seperti saat ban disimpan dalam kondisi sudah terpasang di pelek ataupun tidak, itu beda caranya,” kata Bambang Hermanu.

Bambang yang juga menjelaskan perbedaan dasar keduanya adalah posisi ban.

“Kalau ban yang sudah di dalam pelek, waktu ingin disimpan bannya posisi ban nya harus tidur. Karena pelek yang punya berat, jadi kalau ban di dirikan maka berat pelek ini akan bertemu dengan titik tanah, sehingga ban akan dibebani oleh pelek dan membuat ban yang menjadi rata,” kata Bambang

 Baca juga: BAN KEDALUWARSA? HOAX ATAU FAKTA?

“Kalau ban sudah tidak bulat dan menjadi rat, ban ini tidak nyaman lagi untuk dipakai. Dan jika ban yang sudah menggunakan pelek ditumpuk, maka tumpukan yang maksimal adalah 3 sampai 5 tumpukan saja,” lanjut Bambang.

Terus bagaimana jika posisi menyimpan ban tanpa pelek?

“Untuk ban yang disimpan tanpa pelek, maka pastikan ban yang harus berdiri. Ban jangan disimpan dengan cara menumpuk, kalau ditumpuk maka yang bawah akan gepeng (merata). Kalau gepeng, nanti pada saat dipakai angin akan keluar terus menerus dari celah pelek,” tambah Bambang.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry