Turunnya Penjualan Daihatsu IIMS 2019
|Beritaotomotif.id – Indonesia International Motor Show atau IIMS merupakan sebuah pameran segala jenis otomotif dari berbagai merk yang beredar di Indonesia baik itu kendaraan roda 4 maupun roda 2. Adapun sejumlah merk ternama seperti Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Daihastu dan masih banyak lagi yang tergabung didalam nya.
Indonesia International Motor Show 2019 baru saja selesai digelar, untuk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menorehkan hasil kurang memuaskan. Sebab pemesanan unit yang diterima produsen asal Jepang itu itu tidaklah besar, bahkan bisa dikatakan mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.
Dari sebelas hari pergelaran, ADM hanya mendapatkan 399 surat pemesanan kendaraan. Angka tersebut turun hingga 30 persen dari pencapaian IIMS 2018 yang berhasil mendapatkan 568 surat pemesanan kendaraan (SPK), dari angka tersebut yang mendominasi adalah utnuk model Sigra dan Terrios. SUV mini andalan Daihatsu ini mampu mengalahkan Xenia yang belum lama ini sudah kembali di sempurnakan. Xenia masih kalah populer dengan Ayla yang sanggup menempati posisi ketiga. Dari seluruh penjualan terdapat pula segmen komersial, Grand Max baik itu yang pick-up maupun yang blind van, meski unit yang terbeli tidaklah banyak.
Meski turunnya penjualan Daihatsu di IIMS 2019, dan tidak bisa dibandingkan dengan merk lain. Selaku Marketing and CR Division Head, PT Astra International Tbk- Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan bahwasannya ADM banyak memperoleh banyak calon pembeli yang potensial atau hot prospect di event IIMS tahun ini, itu menunjukan mobil Daihatsu masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi sebentar lagi akan menjelang hari raya lebaran, pastinya kami akan follow up hot prospect kami, dan saya yakin penjualan bulan Mei ini akan lebih meningkat lagi dibandingkan bulan April, Tegas Hendrayadi Lastiyoso.
Baca Juga: Daihatsu Xenia Hybrid
Sepak terjang mobil buatan negeri bambu juga tidak kalah bergengsi di ajang IIMS 2019 ini, sebut saja Wulling Motors dan DFSK kedua Mobil buatan Cina tersebut nyaris saja menyundul pemesanan mobil terlaris di Indonesia, Toyota Avanza. Total surat pemesanan kendaraan (SPK) mencapai 1.056 unit yang dimana 71 persen dari SUV mini terbaru milik DFSK Glory 560. Angka tersebut hanya beda tipis dengan SPK Toyota Avanza yang dimana membukukan 1.106 unit di IIMS 2019.
Tetapi turunnya penjualan Daihatsu di IIMS 2019 bukan semata – mata munculnya produk buatan Cina saja, akan tetapi pasar otomotif nasional tahun ini memang tengah lesu dan merosot dibandingkan tahun – tahun sebelumnya. Salah satu faktornya juga karena adanya pemilihan umum Presiden yang ikut andil, disamping itu harga Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit mentah dan batu bara sedang melemah dan cenderung tak berkembang. Sehingga berdampak ke daya beli konsumen dan menahan untuk membeli mobil penumpang termasuk dalam segmen komersial.