Pertanyaan yang kerap muncul kemudian ialah seberapa penting fitur engine stop tersebut?
Sebab, kalau tujuannya hanya untuk mematikan mesin, maka bisa dilakukan lewat memutar kunci kontak.
Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, mengatakan, pada dasarnya memang tidak ada referensi standar soal penyematan ECO.
“Tidak ada referensi standar, tetapi setahu saya engine cut off biasanya diaplikasikan di kopling manual. Jika dalam keadaan panik misalkan kabel gas putus atau kabel putus, mesin bisa kita matikan lebih cepat,” ujar Herman kepada Kompas.com.
Herman melanjutkan, dalam situasi tertentu menggerakan jempol untuk meraih tombol engine cut off lebih cepat ketimbang menggerakan tangan ke arah tengah setir untuk meraih dan memutar anak kunci.
“Jadi lebih kepada waktu antisipasi, supaya lebih cepat mematikan mesin,” katanya.
Selain itu, menurut Herman, salah satu keuntungan menggunakan engine stop adalah waktu berhenti dan mematikan motor menjadi sebentar.
“Fungsi lainnya hanya untuk memudahkan mematikan mesin, agar lebih sederhana jika akan berhenti sebentar tanpa harus mematikan lewat kunci kontak,” katanya.