Tabrakan Beruntun di Balikpapan Diakibatkan Truk Alami Rem Blong

Berita otomotif- Rem blong kerap kali menjadi penyebab utama kecelakaan di jalan raya. meskipun sudah diketahui, namun tampaknya masalah ini belum bisa diatasi sepenuhnya apalgi kendaraan besar seperti truk. Baru saja terekam sebuah tabrakan beruntun akibat truk yang mengalami rem blong.

Rekaman video yang memperlihatkan truk tronton menabrak banyak kendaraan yang berada di depannya saat hendak melintas di persimpangan viral di media sosial. Kecelakaan beruntun tersebut terjadi di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 06.15 Wita.

Dirlantas Polda Kaltim Kombes Sony Irawan mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV, kejadian itu diduga karena satu unit kendaraan tronton saat menuruni jalur itu mengalami rem blong.Akibatnya, truk menabrak enam unit mobil dan 10 sepeda motor yang sedang berhenti menunggu penggantian lampu merah.

Tabrakan Beruntun Akibat Rem Blong 

Kendaraan truk yang melaju kencang tersebut menabrak mobil dan motor yang sedang berhenti akibat lampu merah. Setidaknya lima orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan ini, sedangkan jumlah korban luka-luka masih di data polisi. Kecelakaan akibat kendaraan besar seperti truk atau bus yang mengalami rem blong memang sudah kerap terjadi.

Penyebabnya pun beragam, bisa disebabkan dari kelalaian pengemudi hingga kelebihan beban muatan.Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, beban yang dibawa oleh sebuah kendaraan sangat berpengaruh pada sistem pengereman.

Tidak jarang berat beban tersebut membuat rem blong atau pengereman yang tidak berfungsi secara maksimal. “Menurut saya, lebih pada segi perawatan dan juga beban kendaraan. Kalau beban yang dibawa melebihi batas, pastinya kinerja rem juga akan lebih berat. Didi menambahkan, pengecekan juga harus dilakukan secara rutin dan menyeluruh.

Seperti kondisi kanvas rem, kondisi selang bocor atau tidak, pipa-pipa, kompresor angin, serta bagian pendukung lainnya. Selain itu, kendaraan yang dibawa itu harus layak jalan. Kalau ban sudah habis tapaknya juga harus diganti, karena ini juga berpengaruh pada sistem pengereman.

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), menambahkan, salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya rem blong adalah adanya tindakan keliru yang dilakukan oleh pengemudi bus dan truk dalam pengoperasian rem. Seperti mendinginkan tromol atau kampas rem yang mengalami panas dengan cara disiram dengan air.

Pasalnya, ketika tromol dan kampas rem yang panas disiram air, bisa menyebabkan perubahan bentuk pada tromol. Perubahan bentuk inilah yang berpotensi menjadikan rem memudar alias brake fading akan lebih tinggi. Cara mendinginkan rem yang paling baik adalah dengan cara istirahat (berhenti) sampai suhu turun dengan alami minimal 30 menit.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry